SISTEM OTOMASI GPS TRACKER PADA KENDARAAN RENTAL MOBIL BERBASIS INTERNET OF THING (IOT) MENGGUNAKAN NODEMCU ESP-32

Hamsir Hamsir, Ain Sahara, Fitri Oktafiani, Dhea Pramestra Ariyani

Abstract


Saat ini bisnis penyewaan mobil adalah bisnis yang menjanjikan banyak manfaat. Jumlah pelanggan layanan sewa mobil setiap tahun meningkat, hal ini terlihat dari jumlah pengusaha rental mobil semakin meningkat dari tahun ke tahun. Tapi dibalik keuntungan bisnis yang cukup menggoda sudah banyak keluhan dalam bisnis penyewaan mobil adalah kejahatan pencurian. Ada banyak alat atau cara yang diambil untuk mengatasi kejahatan pencurian mobil, tetapi tidak banyak yang bisa menjadi solusi yang tepat. Membuat aplikasi pemantauan ini bertujuan untuk menerapkan sistem keamanan berbasis Pelacakan GPS di mana monitor dapat menampilkan status dan lokasi keberadaan mobil yang telah disewa. Metode yang digunakan adalah rekayasa perangkat lunak berorientasi objek termasuk tipe data, metode pengambilan data, analisis sistem, desain sistem, pengembangan sistem, dan pengujian. Hasil akhir dari penelitian ini adalah alat dan sistem aplikasi pemantauan yang mampu menampilkan pembuat ikon sesuai dengan keberadaan mobil dan dapat menampilkan notifikasi atau peringatan. Alat yang digunakan adalah NodeMCU ESP-32 dengan beberapa modul seperti Modul GPS untuk menangkap koordinat dan Modul GSM untuk mengirim data ke server basis data. Untuk melihat menggunakan web dengan peta pemantauan dan sistem peringatan. Sistem peringatan akan secara otomatis memproses data ke dalam database, jika waktu sewa melebihi batas sewa maka peringatan akan memproses data jarak antara mobil sewaan dengan garasi. Jika jarak melebihi 4 km maka sistem akan menampilkan peringatan/pemberitahuan. Kemudian admin juga bisa melacak keberadaan mobil tersebut.


Keywords


Internet of Things; GPS; Arduino Uno; Modul GSM

Full Text:

PDF

References


Parkinson, B.W., & Gilbert, S.W. (1983). NAVSTAR: Global positioning system—Ten years later. Proceeding of IEEE 71(10), 1177-1186.

Harshadbhai, P. K. (2013). Design of GPS and GSM Based Vehicle Location and Tracking System. International Journal of Science and Research 2(1), 165-168.

Stoyanova, M., Nikoloudakis, Y., Panagiotakis, S., Pallis, E., and Markakis, E. K. (2020). A Survey on the Internet of Things (IoT) Forensics: Challenges, Approaches, and Open Issues. IEEE Communications Surveys & Tutorials 22(2), 1191-1221.

Andriani, D. (2019). Impleimeintasi IOT Dalam Sisteim Keiamanan Meingguinakan CCTV Deingan keindali Teileigram Meisseingeir. Skripsi, Juiruisan Teiknik Eileiktro Program Stuidi Teiknik Teileikomuinikasi Politeiknik Neigeiri Sriwijaya.

Chung, M., & Chang, W. (2019). Low-cost, low-profile and miniaturized single-plane antenna design for an Internet of Thing device applications operating in 5G, 4G, V2X, DSRC, WiFi 6 band, WLAN, and WiMAX communication systems. Microw. Opt. Technol. Lett. 62(4), 1765-1773.

Putra, M. F., Kridalaksana, A. H., Arifin, Z. (2017). Rancang Bangun Alat Pendeteksi Kebocoran Gas LPG Dengan Sensor Mq-6 Berbasis Mikrokontroler Melalui Smartphone Android Sebagai Media Informasi. Jurnal ilmiah Ilmu Komputer 12(1), 1-6.

Rusimamto, P. W., Endryansyah, Anifah, L., Harimurti, R., & Anistyasari, Y. (2021). Implementation of arduino pro mini and ESP32 cam for temperature monitoring on automatic thermogun IoT-based. Indonesian Journal of Electrical Engineering and Computer Science 23 (3), 1366-1375.

Parihar, Y. S. (2019). Internet of Things and Nodemcu. JETIR 6(6), 1085-1088.




DOI: https://doi.org/10.58267/petrogas.v5i2.153

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter