Sistem Smart Garden dalam Ruang Berbasis Arduino UNO Microcontroller ATMega 328

Ain Sahara, Riza Hadi Saputra, Fitri Oktafiani

Abstract


Proses pengembangan tanaman tidaklah semudah yang dibayangkan. Banyak faktor-faktor yang mempengaruhi dalam proses pengembangan tanaman tersebut, misalnya faktor suhu, kelembaban tanah, kebutuhan akan penyinaran atau intensitas cahaya yang digunakan, dan faktor-faktor lainnya.

Dalam menghadapi hal tersebut para ilmuwan banyak yang mengembangkan sistem teknologi pertanian yang lebih modern. Banyak penemuan - penemuan baru yang di perkenalkan oleh para ilmuwan-ilmuwan yang ada. Salah satu dari teknologi yang digunakan adalah teknologi elektronika.

Salah satu dari inofasi teknologi pertanian dalam bidang elektronika adalah sistem penyiraman otomatis berbasis kelembaban tanah atau dapat disebut sebagai sistem Smart Garden. Sistem ini menggunakan taraf kelembaban tanah, jika tanah tersebut kekurangan kelembaban maka alat ini akan otomatis menyiram tanaman, dan jika kelembaban sudah sesuai alat ini akan otomatis menutup.

Sistem smart garden tanaman rempah dalam ruangan merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi hal tersebut dengan merancang alat untuk membantu dan mempermudah pekerjaan manusia yang sebelumnya hanya menerka atau mengira-ngira keadaan tanah atau kebutuhan air pada tanaman, maka dengan menggunakan sistem smart garden ini akan membantu menentukan nilaikelembapan  tanah yang lebih akurat dan efisien. Perancangan sistem smart garden dapat disesuai dengan keinginan.

Sistem smart garden yang dibuat berbasis arduino microcontroller atmega 328 yang memiliki komponen DHT 22, kelembaban RTC, LCD, module relay board, keypad, dan pompa untuk mendukung kerja dari sistem tersebut.

Keywords


smart garden; suhu; kelembaban tanah; intensitas cahaya; arduino microcontroller atmega 328

Full Text:

PDF

References


Bejo, Agus. 2008. C dan AVR Rahasia Kemudahan Bahasa C dalam Mikrokontroller ATmega 8535. Yogyakarta.

Kertasapoetra, Ance Gunsarsih Ir. 1993. Klimtologi Pengaruh Iklim Terhadap Tanah dan Tanaman. Jakarta.

Putra, Agfianto Eko. 2003. Belajar Mikrokontroller AT89C51/52/55. Gava Media Yogyakarta.

Taufik, Dwi Septian Suyadhi. 2010. Robotika Bagaimana Merancang & Membuat Robot Sendiri. Andi Yogyakarta.

Tjasyono, Bayon. 2014. “Klimatologi”. Bumi Aksara. Bandung ITB.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.