ANALISA BLENDING SOLAR CN-48 DENGAN PERTADEX CN-53

Eka Megawati, Rudiyanto Rudiyanto, A.M. Miftahul Huda

Abstract


Kualitas bahan bakar Solar ditentukan oleh tinggi rendahnya Cetan Index atau Cetan Number, semakain tinggi kualitasnya akan semakin bagus. Mengingat saat ini penggunaan bahan bakar Solar semakin meningkat dikarenakan harganya lebih efisien, maka untuk menjaga agar tidak semakin meningkat pencemaran udara di sekitar kita akibat gas buang yang dihasilkan perlu ditingkatkan kualitas bahan bakar Solar yang mempunyai Angka Cetan 45 atau Cetan Number 48 yang biasa disebut Solar Subsidi tersebut. Penelitian dengan judul Analisa Blending Solar CN-48 dengan Pertadex CN-53 memiliki tujuan menghasilkan produk Solar CN-51 melalui proses blending dua komponen antara Solar CN-48 dengan Pertadex CN-53. Metode yang dilakukan dengan cara mencampurkan Solar CN-48 dengan Pertadex CN-53 dengan komposisi yang telah dihitung secara teori. Setelah dilakukan proses blending, maka dilakukan pengecekan Distilasi dengan menggunakan alat Distilasi ASTM D-86. Hasil yang diperoleh yaitu menghasilkan produk baru yang teruji secara spesifik, khususnya nilai Cetan. Nilai Cetan yang didapat merupakan hasil dari perhitungan (kalkulasi) matematis. Pengujian menggunakan instrument standard perlu dilakukan, namun secara laboratorium, pengujian yang telah dilakukan sesuai dengan prosedur dan teori yang berlaku. Peningkatan nilai Cetan dapat dengan melakukan pencampuran dua bahan dengan Cetan yang berbeda. Meskipun peningkatan nilai cetan tidak signifikan, dan hanya berada pada rentang dua bahan pencampuran, pada dasarnya proses tersebut telah merubah unsur-unsur mikroskopik pada bahan.

Keywords


Blending; Solar; Pertadex; Cetan Number 51

Full Text:

PDF

References


Esber I Shaheen. (1983). Catalytic Processing in Petroleum Refining. PennWell Publishing Company.

G.D. Hobson. (1975). Modern Petroleum Technology. Applied Science Publishing Ltd.

Mariyamah. (2017). Analisa Konsumsi Penggunaan Bahan Bakar Campuran Biodisel Jarak Pagar dan Solar pada Boiler. Alkimia 1(1): 37-42.

Robert A Meyers. (1986). Handbook of Petroleum Refining Process. McGraw-Hill Book Company Inc, New York.

Subagjo W. (2005). Translater Operating Manual Book HCU Processing. Balikpapan.

Suwarto & Hasan Baswi. (2018). Pengaruh Campuran Bahan Bakar Biosolar dan Dexlite terhadap Opasitas Gas Buang dan Konsumsi Bahan Bakar pada Internal Combustion Engine. SENIATI. Malang.

Pratomo Setyadi & Cahyo Setyo Wibowo. (2015). Pengaruh Percampuran Minyak Solar dengan Biodisel pada Nilai Angka Setana. Jurnal Konversi Energi dan Manufaktur 11: 93-99.

William I, Bland & Robert L Davidson. (1967). Petroleum Processing Handbook. McGraw-Hill Book Company, New York.

W L Nelson. (1969). Petroleum Refinery Engineering. McGraw-Hill Book Company Inc, New York.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.