INTERPRETASI DATA SEISMIK REFRAKSI MENGGUNAKAN METODE DELAY TIME PLUS MINUS DI PANTAI PARANG LUHU, DESA BIRA KABUPATEN BULUKUMBA

Jamaluddin Jamaluddin, Desianto Payung Battu, Fathony Akbar Pratikno, Hamriani Ryka

Abstract


Metode waktu tunda plus minus adalah metode perkiraan tetapi jauh lebih cepat dan akurat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan nilai kecepatan antar lapisan untuk menggambarkan model lapisan bawah permukaan dan mengidentifikasi jenis batuan pada setiap lapisan menggunakan metode waktu tunda plus minus. Hasil dari pengolahan data menggunakan metode waktu tunda plus minus diperoleh dua lapisan, yaitu kecepatan gelombang seismik lapisan pertama adalah 4107,4 m/s dan lapisan kedua adalah 4715,9 m/s. Dari model lapisan bawah permukaan dapat diartikan bahwa lapisan pertama adalah Batugamping dengan kadar air 17% dan lapisan kedua adalah Batugamping dengan kadar air 20%.

Keywords


Metode waktu tunda plus minus; Metode Seismik Refraksi; Bulukumba

Full Text:

PDF

References


Kartika, Ariesta Unik, Gatot Yulianto, & Udi Harmoko. (2007) Penentuan Struktur Bawah Permukaan Dengan Menggunakan Metode Seismik Refraksi Di Desa Pleret, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul, Semarang: Universitas Diponegoro.

Nurdiyanto, B., N, Drajat., S, Bambang., & S, Pupung. (2011) Penentuan Tingkat Kekerasan Batuan Menggunakan Metode Seismik Refraksi. Jurnal Meteorologi dan Geofisika: 211-220.

Setiawan, B. (2008) Pemetaan Tingkat Kekerasan Batuan Menggunakan Metode Seismik Refraksi. Skripsi: Universitas Hasanuddin.

Subagio dan Widijono, B.S. (2012) Interpretasi pola anomaly gaya berat regional kaitannya terhadap potensi sumber daya geologi di lengan Selatan Sulawesi. Geo-Resources 22 (1).

Sukamto, R. & S. Supriatna. (1982) Geologi Regional Lembar Ujung Pandang, Benteng, dan Sinjai. Bandung: PPPG.

Sulystyaningrum, E. (2014) Aplikasi Metode Seismik Refraksi Untuk Identifikasi Untuk Pergerakan Tanah di Perumahan Bukit Manyaran Permai. Skripsi, Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Wahyuni, Jamaluddin, Aswad.,S, Armin.,L.O, (2018) Investigasi Zona Akuifer Menggunakan Metode Konfigurasi Schlumberger di Pantai Parangluhu Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba. Jurnal Geocelebes 2 (2):78-83.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.